امامناعاصم
هوعاصم
بن ابى النجودالأسدىاالكوفى، وكنيته ابوبكر، وقيل اسم آبيه عبداالله، واسم آمه
بهدلة
Imam ‘Ashim
beliau adalah guru besar mengaji Al-Qur’an di kufah Iraq dan salah satu imam
qiroah sab’ah, beliau adalah seorang tabi’in yang agung juga ahli hadist.
Beliau menguasai kefashihan dan tajwid, suaranya bagus sekali dalam membaca
Al-Qur’an, banyak para imam yang memuji dan menerima qiroahnya (sehingga
menjadi satu-satunya qiroah yang paling populer di belahan bumi mana saja dari
dulu sampai sekarang). Setelah gurunya yaitu Syaikh Abu ‘Abdir Rahman as-Sulamiy
meninggal, beliaulah yang menggantikan kedudukan menjadi guru mengajar
Al-Qur’an di Kufah, dan banyak para manusia dari segala penjuru yang mengaji
berguru kepada beliau.
Berkata Abu
Bakr Syu’bah bin ‘Iyasy (salah satu perowi beliau): Aku sering mendengar Abu
Ishaq berkata: Aku tidak pernah melihat seorang guru Al-Qur’an yang seperti ‘Ashim
bin Abin Najud, beliau adalah seorang yang ‘alim hadist, bahasa, nahwu dan ahli
fiqh.
Manaqibnya banyak
diantaranya: Berkata ‘Abdullah bin Ahmad bin Hanbal: Aku pernah bertanya kepada
ayahku tentang ‘Ashim bin bahdalah, maka ayahku berkata: Dia adalah seorang
yang shalih, bagus dan terpercaya. Kemudian aku bertanya lagi: Qiroah mana yang
paling engkau senangi yah? Jawab ayah: qiroahnya orang ahli Madinah. Aku berkata:
kalau tidak ada yang bisa, qiroahnya siapa lagi? Jawab ayah : qiroah ‘Ashim.
Berkata Abu
Bakr Syu’bah bin ‘Iyasy (muridnya): ketika imam ‘Ashim menghadapi sakaratul
maut akan menghembuskan nafasnya yang terakhir aku menunggui beliau. Beliau sedang
mengulang-ulang membaca ayat:
ثُمَّ
رُدُّوٓاْ إِلَى ٱللَّهِ مَوۡلَىٰهُمُ ٱلۡحَقِّۚ
(الأنعام
Beliau selalu
membacanya dengan bacaan tahqiq, sepertinya kalau beliau sedang mengimami
membaca di dalam shalat, karena mentajwidkan Al-Qur’an bagi beliau itu sudah
betul-betul menjadi wataknya atau sudah sangat terbiasa.
PEROWINYA: Murid penerus yang meriwayatkan qiroah beliau ialah imam Hafs bin
Sulaiman dan Abu Bakr Syu’bah bin ‘Iyasy. Dua orang inilah rowi penerus bacaan
beliau yang paling masyhur. Selain itu, Aban bin Taghlab, Sulaiman bin Mahran
al-A’masy, Abul Mundzir Salam bin Sulaiman, Sahl bin Syu’aib dan lainnya banyak
sekali tidak bisa dihitung.
WAFAT: Ada yang mengatakan beliau wafat pada akhit tahun 127 H di Syam,
ada juga yang mengatakan wafat di kufah pada tahun 128 H. Semoga rahmat Allah
baginya.
SANADNYA
BERTEMU NABI: Sanad qiroah
beliau sampai kepada Ali bin Abi Thalib dan ‘Abdullah Mas’ud RA. Dan
lain-lainnnya dari para sahabat Rasulullah SAW.
Karena beliau
mengaji dihadapan imam Abu ‘Abdir Rahman As-Sulamiy, dan As-Sulamiy berguru
membaca di hadapan Sayyidina ‘Ali bin Abi Thalib dan Sayyidina ’Ali membaca di
hadapan Rasulullah SAW. Sebagaimana beliau juga mengaji di hadapan imam Zirr
bin Hubasy, dan imam Zirr berguru membaca di hadapan sahabat Abdulllah bin
Mas’ud. Sahabat ‘Abdullah bin Mas’ud
membaca di hadapan Rasululah SAW. Dengan demikian maka jelaslah bahwa sanad
beliau sampai kepada Rasulullah SAW, dengan bertemu yang mutawatir.
Kemudian beliau
mengajar imam Hafsh dengan bacaan yang diajarkan oleh gurunya imam Abu ‘Abdir
Rahman As-Sulamiy dari Sayyidina ‘Ali, dan mengajar imam Syu’bah dengan bacaan
yang diajarkan oleh gurunya imam Zirr bin Hubasy dari sahabat ‘Abdullah bin
Mas’ud RA. (dari kitab Ghoyatul murid hal 29).
GURU IMAM
‘ASHIM: Imam ‘Ashim gurunya yang utama
yaitu imam Abu ‘Abdir Rahman As-Sulamiy. Imam Abu ‘Abdir Rahman As-Sulamiy ini
berguru kepada 5 orang sahabat agung Nabi yang senior-senior yaitu: Sahabat
‘Utsman bin ‘Affan, ‘Ali bin Abi Thalib, Ubay bin Ka’ab, Zaid bin Tsabit dan ’Abdullah
bin Mas’ud RA. Dan gurunya lagi yaitu imam Zirr bin Hubaisy beliau berguru
kepada 3 sahabat senior yaitu sahabat ‘Utsman bin ‘Affan, ‘Ali bin Abi Thalib
dan ‘Abdullah bin Mas’ud RA. Para beliau semua mengaji langsung di hadapan
Rasulullah SAW. ( dari an Nasyr fil qiro-atil ‘asyr 1/155).
الإمام حفص
حفص بن سليمان بن المغيرة بن أبى
الأسدى الكوفى البزز, صاحب عاصم وربيبه أى ابن زوجته. وأما كنيته فهى أبوعمر.
Imam Hafsh bin
Sulaiman al-Bazzaz (Penjual pakaian), beliau belajar al-Qur’an dengan cara
talaqqi dan mengajukan bacaan dihadapan imam ‘Ashim sampai betul-betul pandai
dan mahir. Sehingga para Ulama’ menyaksikan itu, dan beliau sungguh hebat dan
kukuh hafalannya. Sampai imam asy-Syathibiy memujinya didalam nadzomnya :
........... وحفصٌ وبالإتقان كان مُفَضَّلا
Dengan demikian
maka masyhur sekali al-Qur’an riwayat Hafsh ini, dan diterima oleh kalangan
para Ulama’. Memang beliau terdidik disatu rumah bersama sang guru imam ‘Ashim,
karena beliau anak tirinya atau anak istriya. Beliau selalu tekun belajar
sampai kukuh qiroahya sehingga dia menjadi santri yang terpandai. Setelah itu,
dan setelah guruya wafat, kemudian beliaulah yang menduduki menggantikan
mengajar al-Qur’an sampai masa lama.
Berkata Yahya
bin Ma’in: Riwayat al-Qur’an yang shahih dari imam ‘Ashim adalah riwayatya imam
Hafsh bin Sulaiman.
KEDUDUKANYA: Berkata Abu Hisyam ar-Rifa’i: Hafsh adalah santriya imam ‘Ashim
yang paling ‘alim di bidang qiroah, melebihi imam Syu’bah (perowi imam Ashim
yang satunya) dalam bidang penentuan huruf.
Berkata Adz-dzahabiy:
Dia di bidang qiroah adalah orang terpercaya, kukuh dan genius hafalanya.
Berkata Ibnul
munadi: Hafsh itu mengajinya di hadapan imam ‘Ashim sampai beberapa kali, orang-orang
dulu sama menilai hafalan Hafsh itu lebih hebat dari pada Syu’bah bin Iyasy,
dan mereka mensifati Hafsh betul-betul orang yang bisa menguasai penentuan huruf
yang di baca di hadapan imam ‘Ashim gurunya, dan kemudian mengajar manusia
dengan bacaan itu sampai masa yang lama.
PEROWINYA: Yang ambil bacaan darinya dengan cara mengajukan bacaan dan
mendengarkan adalah banyak sekali, diantaranya Husen bin Muhammad al-Marwaziy, ’Amr
bin Shabbah, ‘Ubaid bin Shabbah (keduanya ini kakak beradik sebagai penerusnya yang
ternama), Fadhl bin Yahya, Abu Syua’ib Qawas, dan lain-lainnya.
LAHIR DAN
WAFAT: Beliau dilahirkan pada tahun 70 H.
Adapun wafatnya menurut pendapat yang shahih adalah pada tahun 180 H.
SANADNYA
BERTEMU NABI: Imam Hafsh
mengaji al-Qur’an dihadapan imam ‘Ashim langsung, imam ‘Ashim mengaji Al-Qur’an
yang diajarkan kepada imam Hafsh itu dengan Syaikh Abu ‘Abdir Rahman as-Sulamiy,
dari Sayyidina ‘Ali RA dari Rasulullah SAW.
Betul-betul
telah diceritakan dari Hafsh beliau berkata: Aku pernah bertanya kepada guruku
imam ‘Ashim : Sungguh Abu Bakr Syu’bah itu qiroahnya tidak sama dengan saya,
maka imam ‘Ashim berkata: Aku mengajar Al-Qur’an kamu itu dengan bacaan yang
aku mengaji dihadapan Syaikh Abu ‘Abdir Rahman as-Sulamiy dari Ali bin Abi
Thalib RA, dan aku mengajar Syu’bah itu dengan bacaan yang aku baca dihadapan
imam Zirr bin Hubaisy dari ‘Abdullah bin Mas’ud RA. (dari kitab Ghoyatul Murid
hal.32).
‘UBAID BIN
SHABBAH
هوعبيدبن الصباح بن ابى شريج بن
صبيح أبو محمد النهشلى الكوفى ثم البغدادى.
‘Ubaid Bin Shabbah
adalah guru besar al qur’an, genius dan orang sholeh, beliau mengaji al-qur’an
dihadapan imam Hafsh dari imam ‘Ashim. Berkata imam Abu Amr Ad Dani : beliau
adalah guru besar al-qur’an, seorang yang genius hafalannya dan orang yang
shalih. Beliau mengaji dihadapan imam Hafsh dari imam ‘Ashim.
Berkata
al-hafizh ad-dani : dia adalah murid imam Hafsh yang paling hebat dan paling
genius, diantara murid penerusnya ialah Ahmad bin Sahl Al-Asynaniy, Abdus
Shomad dan Hasan bin Mubarok. ‘Ubaid bin Shabbah ini dan Amr bin Shabbah
keduanya adalah rowi penerus bacaan imam Hafsh.
WAFAT: Menerut Al-Hafizh ibnul Jazari di dalam kitabnya Ghoyatun Nihayah
Juz Awal halaman 495-496: Beliau imam ‘Ubaid wafat pada tahun 219 H.
AL
ASYNANIY
هوأحمد بن سهل بن الفيروزان الشيخ
أبو العباسالأشنانى المقرئ.
imam
Al-Asynaniy Ahmad bin Sahl Al Asynaniy, beliau adalah guru besar al-qur’an,
terpercaya, genius hafalannya, bagus dan ahli tajwid, mengaji al-qur’an
dihadapan imam ‘Ubaid bin Shabbah,kemudian juga berguru kepada para santrinya
imam Amr bin Shabbah sehingga beliau menanjak dibidang qiroah. Sanad al-qur’an
kita keatas pada umumnya melalui imam Al-Asynaniy ini kemudian imam ‘Ubaid bin
Shabbah, imam Hafsh, imam ‘Ashim. Yang berguru kepada beliau banyak sekali
diantarannya imam Ibnu Mujahid dan imam Amr bin Ahmad ayahnya Al-Hafizh daraquthni
ahli hadis itu.
WAFAT: Menurut al-Hafizh imam ibnul jazari didalamnya kitabnya Ghoyatun
Nihayah juz awal halaman 59-60 : Beliau wafat di Baghdad pada tahun 307 H.
AL
HASYIMIY
هوعلى بن محمد بن صالح أبوالحسن
الهاشمى ثقة عارف مشهو ر.
Imam Abul Hasan
Al Hasyimiy, beliau adalah guru besar al-qur’an yang terkenal di Basrah pada
waktu itu, beliau berguru kepada imam Ahmad al Asynaniy dan lainnya. Jadi
beliau adalah penerus imamHafshdari thariqnya imam ‘Ubaid bin Shabbah melalui
gurunya imam Al-Asynaniy. Kemudian murid penerus beliau adalah imam Thahir bin
Ghilnun, imam Thahir bin Ghilbun inilah gurunya imam Abu’Amr ad Daniy yang
sangat terkenal dan luar biasa itu,nanti belakang manaqibnya, semua jalur sanad
Al-Qur’an kita mesti lewat imamThahir ini keatas sampai Rasulullah SAW.
Beliau wafat
pada tahun 368 H. (Hidayatul qori jilid 2 hal. 750).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar