Jumat, 25 November 2016

Sanad Qur'an

امامناعاصم
هوعاصم بن ابى النجودالأسدىاالكوفى، وكنيته ابوبكر، وقيل اسم آبيه عبداالله، واسم آمه بهدلة
Imam ‘Ashim beliau adalah guru besar mengaji Al-Qur’an di kufah Iraq dan salah satu imam qiroah sab’ah, beliau adalah seorang tabi’in yang agung juga ahli hadist. Beliau menguasai kefashihan dan tajwid, suaranya bagus sekali dalam membaca Al-Qur’an, banyak para imam yang memuji dan menerima qiroahnya (sehingga menjadi satu-satunya qiroah yang paling populer di belahan bumi mana saja dari dulu sampai sekarang). Setelah gurunya yaitu Syaikh Abu ‘Abdir Rahman as-Sulamiy meninggal, beliaulah yang menggantikan kedudukan menjadi guru mengajar Al-Qur’an di Kufah, dan banyak para manusia dari segala penjuru yang mengaji berguru kepada beliau.
Berkata Abu Bakr Syu’bah bin ‘Iyasy (salah satu perowi beliau): Aku sering mendengar Abu Ishaq berkata: Aku tidak pernah melihat seorang guru Al-Qur’an yang seperti ‘Ashim bin Abin Najud, beliau adalah seorang yang ‘alim hadist, bahasa, nahwu dan ahli fiqh.
Manaqibnya banyak diantaranya: Berkata ‘Abdullah bin Ahmad bin Hanbal: Aku pernah bertanya kepada ayahku tentang ‘Ashim bin bahdalah, maka ayahku berkata: Dia adalah seorang yang shalih, bagus dan terpercaya. Kemudian aku bertanya lagi: Qiroah mana yang paling engkau senangi yah? Jawab ayah: qiroahnya orang ahli Madinah. Aku berkata: kalau tidak ada yang bisa, qiroahnya siapa lagi? Jawab ayah : qiroah ‘Ashim.
Berkata Abu Bakr Syu’bah bin ‘Iyasy (muridnya): ketika imam ‘Ashim menghadapi sakaratul maut akan menghembuskan nafasnya yang terakhir aku menunggui beliau. Beliau sedang mengulang-ulang membaca ayat:
ثُمَّ رُدُّوٓاْ إِلَى ٱللَّهِ مَوۡلَىٰهُمُ ٱلۡحَقِّۚ (الأنعام
Beliau selalu membacanya dengan bacaan tahqiq, sepertinya kalau beliau sedang mengimami membaca di dalam shalat, karena mentajwidkan Al-Qur’an bagi beliau itu sudah betul-betul menjadi wataknya atau sudah sangat terbiasa.
PEROWINYA: Murid penerus yang meriwayatkan qiroah beliau ialah imam Hafs bin Sulaiman dan Abu Bakr Syu’bah bin ‘Iyasy. Dua orang inilah rowi penerus bacaan beliau yang paling masyhur. Selain itu, Aban bin Taghlab, Sulaiman bin Mahran al-A’masy, Abul Mundzir Salam bin Sulaiman, Sahl bin Syu’aib dan lainnya banyak sekali tidak bisa dihitung.
WAFAT: Ada yang mengatakan beliau wafat pada akhit tahun 127 H di Syam, ada juga yang mengatakan wafat di kufah pada tahun 128 H. Semoga rahmat Allah baginya.
SANADNYA BERTEMU NABI: Sanad qiroah beliau sampai kepada Ali bin Abi Thalib dan ‘Abdullah Mas’ud RA. Dan lain-lainnnya dari para sahabat Rasulullah SAW.
Karena beliau mengaji dihadapan imam Abu ‘Abdir Rahman As-Sulamiy, dan As-Sulamiy berguru membaca di hadapan Sayyidina ‘Ali bin Abi Thalib dan Sayyidina ’Ali membaca di hadapan Rasulullah SAW. Sebagaimana beliau juga mengaji di hadapan imam Zirr bin Hubasy, dan imam Zirr berguru membaca di hadapan sahabat Abdulllah bin Mas’ud. Sahabat ‘Abdullah  bin Mas’ud membaca di hadapan Rasululah SAW. Dengan demikian maka jelaslah bahwa sanad beliau sampai kepada Rasulullah SAW, dengan bertemu yang mutawatir.
Kemudian beliau mengajar imam Hafsh dengan bacaan yang diajarkan oleh gurunya imam Abu ‘Abdir Rahman As-Sulamiy dari Sayyidina ‘Ali, dan mengajar imam Syu’bah dengan bacaan yang diajarkan oleh gurunya imam Zirr bin Hubasy dari sahabat ‘Abdullah bin Mas’ud RA. (dari kitab Ghoyatul murid hal 29).
GURU IMAM ‘ASHIM: Imam ‘Ashim gurunya yang utama yaitu imam Abu ‘Abdir Rahman As-Sulamiy. Imam Abu ‘Abdir Rahman As-Sulamiy ini berguru kepada 5 orang sahabat agung Nabi yang senior-senior yaitu: Sahabat ‘Utsman bin ‘Affan, ‘Ali bin Abi Thalib, Ubay bin Ka’ab, Zaid bin Tsabit dan ’Abdullah bin Mas’ud RA. Dan gurunya lagi yaitu imam Zirr bin Hubaisy beliau berguru kepada 3 sahabat senior yaitu sahabat ‘Utsman bin ‘Affan, ‘Ali bin Abi Thalib dan ‘Abdullah bin Mas’ud RA. Para beliau semua mengaji langsung di hadapan Rasulullah SAW. ( dari an Nasyr fil qiro-atil ‘asyr 1/155).
الإمام حفص
حفص بن سليمان بن المغيرة بن أبى الأسدى الكوفى البزز, صاحب عاصم وربيبه أى ابن زوجته. وأما كنيته فهى أبوعمر.
Imam Hafsh bin Sulaiman al-Bazzaz (Penjual pakaian), beliau belajar al-Qur’an dengan cara talaqqi dan mengajukan bacaan dihadapan imam ‘Ashim sampai betul-betul pandai dan mahir. Sehingga para Ulama’ menyaksikan itu, dan beliau sungguh hebat dan kukuh hafalannya. Sampai imam asy-Syathibiy memujinya didalam nadzomnya :
........... وحفصٌ وبالإتقان كان مُفَضَّلا
Dengan demikian maka masyhur sekali al-Qur’an riwayat Hafsh ini, dan diterima oleh kalangan para Ulama’. Memang beliau terdidik disatu rumah bersama sang guru imam ‘Ashim, karena beliau anak tirinya atau anak istriya. Beliau selalu tekun belajar sampai kukuh qiroahya sehingga dia menjadi santri yang terpandai. Setelah itu, dan setelah guruya wafat, kemudian beliaulah yang menduduki menggantikan mengajar al-Qur’an sampai masa lama.
Berkata Yahya bin Ma’in: Riwayat al-Qur’an yang shahih dari imam ‘Ashim adalah riwayatya imam Hafsh bin Sulaiman.
KEDUDUKANYA: Berkata Abu Hisyam ar-Rifa’i: Hafsh adalah santriya imam ‘Ashim yang paling ‘alim di bidang qiroah, melebihi imam Syu’bah (perowi imam Ashim yang satunya) dalam bidang penentuan huruf.
Berkata Adz-dzahabiy: Dia di bidang qiroah adalah orang terpercaya, kukuh dan genius hafalanya.
Berkata Ibnul munadi: Hafsh itu mengajinya di hadapan imam ‘Ashim sampai beberapa kali, orang-orang dulu sama menilai hafalan Hafsh itu lebih hebat dari pada Syu’bah bin Iyasy, dan mereka mensifati Hafsh betul-betul orang yang bisa menguasai penentuan huruf yang di baca di hadapan imam ‘Ashim gurunya, dan kemudian mengajar manusia dengan bacaan itu sampai masa yang lama.
PEROWINYA: Yang ambil bacaan darinya dengan cara mengajukan bacaan dan mendengarkan adalah banyak sekali, diantaranya Husen bin Muhammad al-Marwaziy, ’Amr bin Shabbah, ‘Ubaid bin Shabbah (keduanya ini kakak beradik sebagai penerusnya yang ternama), Fadhl bin Yahya, Abu Syua’ib Qawas, dan lain-lainnya.
LAHIR DAN WAFAT: Beliau dilahirkan pada tahun 70 H. Adapun wafatnya menurut pendapat yang shahih adalah pada tahun 180 H.
SANADNYA BERTEMU NABI: Imam Hafsh mengaji al-Qur’an dihadapan imam ‘Ashim langsung, imam ‘Ashim mengaji Al-Qur’an yang diajarkan kepada imam Hafsh itu dengan Syaikh Abu ‘Abdir Rahman as-Sulamiy, dari Sayyidina ‘Ali RA dari Rasulullah SAW.
Betul-betul telah diceritakan dari Hafsh beliau berkata: Aku pernah bertanya kepada guruku imam ‘Ashim : Sungguh Abu Bakr Syu’bah itu qiroahnya tidak sama dengan saya, maka imam ‘Ashim berkata: Aku mengajar Al-Qur’an kamu itu dengan bacaan yang aku mengaji dihadapan Syaikh Abu ‘Abdir Rahman as-Sulamiy dari Ali bin Abi Thalib RA, dan aku mengajar Syu’bah itu dengan bacaan yang aku baca dihadapan imam Zirr bin Hubaisy dari ‘Abdullah bin Mas’ud RA. (dari kitab Ghoyatul Murid hal.32).
UBAID BIN SHABBAH
هوعبيدبن الصباح بن ابى شريج بن صبيح أبو محمد النهشلى الكوفى ثم البغدادى.
‘Ubaid Bin Shabbah adalah guru besar al qur’an, genius dan orang sholeh, beliau mengaji al-qur’an dihadapan imam Hafsh dari imam ‘Ashim. Berkata imam Abu Amr Ad Dani : beliau adalah guru besar al-qur’an, seorang yang genius hafalannya dan orang yang shalih. Beliau mengaji dihadapan imam Hafsh dari imam ‘Ashim.
Berkata al-hafizh ad-dani : dia adalah murid imam Hafsh yang paling hebat dan paling genius, diantara murid penerusnya ialah Ahmad bin Sahl Al-Asynaniy, Abdus Shomad dan Hasan bin Mubarok. ‘Ubaid bin Shabbah ini dan Amr bin Shabbah keduanya adalah rowi penerus bacaan imam Hafsh.
WAFAT: Menerut Al-Hafizh ibnul Jazari di dalam kitabnya Ghoyatun Nihayah Juz Awal halaman 495-496: Beliau imam ‘Ubaid wafat pada tahun 219 H.
AL ASYNANIY
هوأحمد بن سهل بن الفيروزان الشيخ أبو العباسالأشنانى المقرئ.
imam Al-Asynaniy Ahmad bin Sahl Al Asynaniy, beliau adalah guru besar al-qur’an, terpercaya, genius hafalannya, bagus dan ahli tajwid, mengaji al-qur’an dihadapan imam ‘Ubaid bin Shabbah,kemudian juga berguru kepada para santrinya imam Amr bin Shabbah sehingga beliau menanjak dibidang qiroah. Sanad al-qur’an kita keatas pada umumnya melalui imam Al-Asynaniy ini kemudian imam ‘Ubaid bin Shabbah, imam Hafsh, imam ‘Ashim. Yang berguru kepada beliau banyak sekali diantarannya imam Ibnu Mujahid dan imam Amr bin Ahmad ayahnya Al-Hafizh daraquthni ahli hadis itu.
WAFAT: Menurut al-Hafizh imam ibnul jazari didalamnya kitabnya Ghoyatun Nihayah juz awal halaman 59-60 : Beliau wafat di Baghdad pada tahun 307 H.
AL HASYIMIY
هوعلى بن محمد بن صالح أبوالحسن الهاشمى ثقة عارف مشهو ر.
Imam Abul Hasan Al Hasyimiy, beliau adalah guru besar al-qur’an yang terkenal di Basrah pada waktu itu, beliau berguru kepada imam Ahmad al Asynaniy dan lainnya. Jadi beliau adalah penerus imamHafshdari thariqnya imam ‘Ubaid bin Shabbah melalui gurunya imam Al-Asynaniy. Kemudian murid penerus beliau adalah imam Thahir bin Ghilnun, imam Thahir bin Ghilbun inilah gurunya imam Abu’Amr ad Daniy yang sangat terkenal dan luar biasa itu,nanti belakang manaqibnya, semua jalur sanad Al-Qur’an kita mesti lewat imamThahir ini keatas sampai Rasulullah SAW.

Beliau wafat pada tahun 368 H. (Hidayatul qori jilid 2 hal. 750).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar