Rabu, 17 Oktober 2018

RPP SKI Kelas 8 K13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                                    : MTs NU Raden Umar Said
Mata Pelajaran                        : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester                        :         VIII/Ganjil
Materi Pokok                          : Sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah
Alokasi Waktu                         : 2 x 40 Menit

A.    Kompetensi Inti
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaanya.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan (fakultas, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar
1.1.   Menghayati upaya dinasti Bani Abbasiyah mendirikan daulah merupakan bagian dari perkembangan kebudayaan Islam.
2.1     Menghargai semangat belajar para ilmuan muslim di masa dinasti Abbasiyah sehingga mampu membawa puncak kejayaan kebudayaan dan peradaban Islam.
3.1     Memahami latar belakang berdirinya Dinasti Abbasiyah.
4.1     Menceritakan silsilah kekhalifahan Dinasti Abbasiyah.

C.    Indikator
1.1.1.      Mengahayati nilai-nilai positif yang bisa diteladani dari kekuatan dan kegigihan para tokoh Dinasti Abbasiyah.
2.1.1.      Menunjukkan sikap bijaksana sebagai implementasi dan pemahaman mengenai sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah.
2.1.2.      Mengubah prilaku nilai-nilai negatif ke nilai-nilai positif yang biasa diteladani dari ketekunan dan kegigihan tokoh Dinasti Abbasiyah.
3.1.1.      Menjelaskan sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah.
3.1.2.      Mengidentifikasi faktor pendukung sejarah berdirinya bani Abbasiyah.
3.1.3.      Menyebutkan proses terbentuknya dinasti Abbasiyah.
4.1.1.      Menampilkan tokoh-tokoh yang berperan dalam sejarah berdirinya dinasti Abbasiyah.
4.1.2.      Menyebutkan silsilah ke khalifahan Dinasti Abbasiyah.
4.1.3.      Menyebutkan nama-nama khalifah Dinasti Abbasiyah.

D.    Tujuan Pembelajaran
Setelah peserta didik mempelajari materi ini diharapkan peserta didik dapat:
1.      Menjelaskan sejarah berdirinya Dinasti Bani Abbasiyah.
2.      Menyebutkan proses terbentuknya sejarah Dinati Bani Abbasiyah.
3.      Menampilkan tokoh-tokoh yang berperan dalam sejarah berdirinya Dinasti bani Abbasiyah.

E.     Materi Pembelajaran
1.      Sejarah Berdirinya Dinasti Abbasiyah
Sekitar abad ke-8 M (720 M), kebencian terhadap Dinasti Umayyah telah tersebar luas, diantaranya:
a.       Mawalai (Muslim non arab), kelompok ini memprotes kedudukanya dibawah muslim arab.
b.      Khawarij dan Syiah yang menganggap Dinasti Umayyah sebagai perampas khalifah
c.       Arab Makkah, Madinah, dan Iraq tidak senang atas prilaku istimewa Daulah Umayyah terhadap arab-syuriah
d.      Kelompok ,Muslim yang saling tidak senang kepada kebiasaan bermewah-mewahan dan jauh dari ajaran agama yang dilakukan Dinasti Ummayah.
Kelompok kelompok tersebut bergabung dengan Bani Abbasiyah untuk melawan Dinasti Umayyah.
2.      Bani Abbasiyah mulai menghimpun kekuatan dengan melakukan propaganda (dakwah) pada  masa khalifah Umar bin Abdul Aziz (Dinasti Umayyah) sekitar 99-101 H/717-720 M. Bani Abbasiyah memanfaatkan kebijakan khalifah Umar Bin Abdul Aziz yang tidak suka kekerasan atau peperangan. Untuk propaganda, Bani Abbasiyah mengangkat 12 orang propagandis. Bani Abbasiyah dalam probagandis menggunakan dalih perjuangan Bani Hasyim. Sehingga banyak yang tertarik untuk bergabung dengannya.
3.      Pimpinan Gerilya Bani Abbasiyah adalah Ali bin Abdul Abbas. Ia adalah salah seorang pejabat Dinasti Umayyah. Tapi karna ketahuan ia keturunan Bani Abbasiyah dan memimpin gerakan bawah tanah BaniAbbasiyah, maka ia dipecat. Sepeninggal Ali bin Abdul Abbas, gerakan gerilya dilanjutkan oleh:
a.       Periode Pertama:
1)      Muhammad bin Ali bin Abdullah bin Abbas (wafat 743 M)
2)      Abdullah bin Ali bin Abdullah bin Abbas
3)      Abu Muslim Al khurosani.
b.      Priode kedua:
1)      Ibrahim Al Imam bi Muhammad
2)      Abdullah bin Muhammad (As saffah)
3)      Abu jakfar Al Mansyur
Dibantu oleh:
1)      Abdullah bin Ali
2)      Abu Muslim Al Khurasani
Ø  Muhammad bin Ali memusatkan kegiatan gerilyanya di tiga kota, yaitu:
a)      Al Humayyah, dijadikan sebagai kota perencanaan dan organisasi
b)      Kufah, di jadikan sebagai kota penghubung
c)      Khurasan, di jadikan sebagai pusat gerakan praktis atau praktek

F.     Metode Pembelajaran
1.      Model                   : Scientific Learning
2.      Metode                  : Ceramah, diskusi dan tanya jawab

G.    Media, Alat/bahan dan Sumber belajar
Media                          : Power point/Video/ Gambar
Alat/Bahan                  : Laptop, Proyektor, Whiteboard, Spidol
Sumber Belajar            : Buku siswa SKI kelas VIII, LKS, Buku lain yang relevan

H.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Persiapan ( 10 menit )
a)      Guru mengucapkan salam.
b)      Guru membuka pembelajaran dengan hadharah kepada Nabi Muhammad saw
c)      Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
d)     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
e)      Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif tentang materi yang akan diajarkan.
2.      Kegiata Inti (Pelaksanaan : 55 menit )
a.      Mengamati
Ø Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang Sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah.
Ø Peserta didik mengamati teks tentang Sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah.
b.      Menanya
Ø Peserta didik memberikan tanggapan atau respon terhadap penjelasan guru tentang Sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah.
Ø Guru memberi apresiasi terhadap pertanyaan yang muncul dari siswa.
c.       Eksplorasi
Ø  Guru meminta peserta didik untuk mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut.
Ø  Peserta didik diberi waktu untuk membaca dan menelaah referensi.
Ø  Guru meminta peserta didik untuk mencatat jawaban-jawaban berdasarkan referensi.
Ø  Bila ada pertanyaan yang belum diketahui jawabanya, guru bisa memberikan penjelasan singkat atau memberikan referensi atau sumber-sumber bacaan yang bisa peserta didik dapatkan.
d.      Asosiasi
Ø Peserta didik, baik secara individu maupun kelompok menganalisis tentang Sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah.
Ø  Guru meminta peserta didik untuk menulis hasil diskusi.
Ø  Peserta didik merumuskan/menyimpulkan hasil diskusi tentang materi yang dibahas.
e.       Komunikasi
Ø  Peserta didik melaporkan/memaparkan kesimpulan hasil diskusi dalam bentuk tulisan pada guru.
3.      Kegiatan Penutup (15 menit)
a.       Guru mengadakan refleksi hasil pembelajaran.
b.      Guru mengajak peserta didik menyimpulkan bersama materi pembelajaran.
c.       Guru memberikan pesan-pesan moral terkait dengan materi.
d.      Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
e.       Guru menutup pembelajaran dilanjutkan dengan salam.

I.       Penilaian
1.      Pengamatan Sikap (Diskusi)
a.       Format Penilaian

No
Nama
peserta didik
Aktifitas

Skor
Kerjasama
Keaktifan
Partisipasi
Inisiatif
1






2






3






4






5







b.      Aspek Penilaian
1)      Kerjasama
b.      Jika peserta didik belum memperlihatkan kerjasamanya, skor 1
c.       Jika peserta didik mulai memperlihatkan kerjasamanya, skor 2
d.      Jika peserta didik mulai berkembang kerjasamanya, skor 3
e.       Jika peserta didik mulai membudayakan kerjasamanya, skor 4
2)      Keaktifan
a)      Jika peserta didik belum memperlihatkan keaktifan, skor 1
b)      Jika peserta didik mulai memperlihatkan keaktifan, skor 2
c)      Jika peserta didik mulai berkembang keaktifan, skor 3
d)     Jika peserta didik mulai membudayakan keaktifan, skor 4
3)      Partisipasi
a)      Jika peserta didik belum memperlihatkan partisipasi, skor 1
b)      Jika peserta didik mulai memperlihatkan partisipasi, skor 2
c)      Jika peserta didik mulai berkembang partisipasi, skor 3
d)     Jika peserta didik mulai membudayakan partisipasi, skor 4
4)      Inisiatif
a)      Jika peserta didik belum memperlihatkan inisiatif, skor 1
b)      Jika peserta didik mulai memperlihatkan inisiatif, skor 2
c)      Jika peserta didik mulai berkembang inisiatif, skor 3
d)     Jika peserta didik mulai membudayakan inisiatif, skor 4
c.       Pedoman Penilaian
Nilai =      Jumlah Nilai Skor Perolehan  X 100
                 Jumlah Skor Maksimal (16)
2.   Penilaian Presentasi
a.       Format Penilaian

No

Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Skor Maksimal

Nilai
Ketuntasan
1
2
3
T
TT



























b.      Aspek Penilaian
1)      Kejelasan dan kedalaman informasi
1.      Jika  kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman informasi lengkap dan sempurna, skor 30.
2.      Jika  kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman informasi lengkap dan kurang sempurna, skor 20.
3.      Jika  kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman informasi kurang lengkap, skor 10.
2)      Keaktifan dalam diskusi
a)      Jika  kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi, skor 30.
b)      Jika  kelompok tersebut berperan aktif dalam diskusi, skor 20.
c)      Jika  kelompok tersebut berperan kurang aktif dalam diskusi, skor 10.
3)      Kejelasan dan kerapian presentasi
a)      Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan jelas dan rapi, skor 30.
b)      Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan jelas dan kurang rapi, skor 20.
c)      Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan kurang jelas dan tidak rapi, skor 10.
c.       Pedoman Penilaian
Nilai =          Jumlah Nilai Skor Perolehan  X 100
                     Jumlah Skor Maksimal (90)

                                                                                       Kudus, 5 Agustus 2017
Guru Pamong


Maksun S. Ag
Guru PPL


Abdul Munif


1 komentar:

  1. Las Vegas Casino, Hotel & Spa - MapYRO
    Casino Property Map and Wynn Las Vegas Floor Plans - Find 태백 출장샵 your way around 광주광역 출장안마 the casino, find where 용인 출장샵 everything is located 밀양 출장안마 with 김포 출장안마 these helpful neighborhood

    BalasHapus